Adab – Adab Berhari Raya
Oleh: Farid Nu’man Hasan
Berhari raya bagi
seorang muslim bukan sekedar berbahagia dan bersenang-senang. Tetapi, justru
momen untuk semakin menguatkan hubungan dengan Allah Ta’ala, namun sayangnya
hal ini sudah banyak dilupakan banyak umat Islam. Mereka lebih fokus pada
simbolitas semata, seperti berbaju baru, makan-makan, dan menghabiskan uang.
Oleh karenanya, ada
baiknya kita mengetahui adab-adab apa saja yang mesti kita lakukan ketika
berhari raya, yang dengannya berhari raya menjadi bernilai ibadah di sisi Allah
Ta’ala.
1.
Dianjurkan
Mandi Sebelum Berangkat Shalat
Mandi pada hari ‘Id adalah sunah, bukan wajib, dan
ini telah menjadi ijma’ para ulama.
Berkata Imam Ibnu Rajab Rahimahullah:
والغسل للعيد غير
واجب . وقد حكى ابن عبد البر الإجماع عليهِ ، ولأصحابنا وجه ضعيف بوجوبه . وروى الزهري ، عن ابن المسيب ، قال : الاغتسال للفطر والأضحى قبل أن
يخرج إلى الصلاة حقٌ .
Mandi pada hari raya bukanlah kewajiban, Ibnu
Abdil Bar telah menceritakan adanya Ijma’ atas hal itu. Sedangkan terdapat
riwayat lemah bagi sahabat-sahabat kami yang menyebutkan kewajibannya. Az Zuhri
meriwayatkan dari Ibnul Musayyib, katanya: “Mandi pada Idul Fitri dan Idul Adha
sebelum keluar menuju shalat adalah benar adanya.” (Imam Ibnu Rajab, Fathul
Bari, 6/71)
Imam Ibnul Qayyim menceritakan:
كان يغتسل للعيدين،
صح الحديث فيه، وفيه حديثان ضعيفان: حديث ابن عباس، من رواية جبارة بن مُغَلِّس،
وحديث الفاكِه بن سعد، من رواية يوسف بن خالد السمتي. ولكن ثبت عن ابن عمر مع شِدة
اتِّباعه للسُنَّة، أنه كان يغتسل يوم العيد قبل خروجه.
Nabi mandi pada dua hari raya, telah terdapat
hadits shahih tentang itu, dan ada pula dua hadits dhaif: pertama, hadits Ibnu
Abbas, dari riwayat Jabarah Mughallis, dan hadits Al Fakih bin Sa’ad, dari
riwayat Yusuf bin Khalid As Samtiy. Tetapi telah shahih dari Ibnu Umar –yang
memiliki sikap begitu keras mengikuti sunnah- bahwa Beliau mandi pada hari raya sebelum keluar rumah. (Zaadul
Ma’ad, 1/442. Muasasah Ar Risalah)
2.
Memakai Pakaian Terbaik dan Minyak Wangi
Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu,
katanya:
أمرنا رسول الله صلى الله عليه و سلم
في العيدين أن نلبس أجود ما نجد و أن نتطيب بأجود ما نجد و أن نضحي بأسمن ما نجد
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami
punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang
paling mahal yang kami punya. (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak No.
7560, katanya: “Kalau bukan karena kemajhulan Ishaq bin Barzakh, akan hukumi
ini sebagai hadits shahih.” Hal serupa juga dikatakan Imam Adz Dzahabi. Ath Thabarani
dalam Al Mu’jam Al Kabir No. 2756, dari Al Hasan bin Ali. Al Baihaqi
dalam Syu’abul Iman No. 3715.
Ath Thahawi dalam Musykilul Aatsar
No. 4730)[1]
Tetapi, telah shahih dari para sahabat bahwa
mereka memakai pakaian terbaik ketika hari raya.
عن نافع أن بن عمر
: كان يلبس في العيدين أحسن ثيابه
Dari Naafi’, bahwasanya Ibnu Umar memakai baju
yang terbaik pada dua hari raya. (Al Baihaqi, Syu’abul Iman No. 5938)
Dalam riwayat yang lebih panjang disebutkan:
وَعَن مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ قَالَ
: قُلْتُ لِنَافِعٍ : كَيْفَ كَانَ ابْنُ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا -
يَصْنَعُ يَوْمَ الْعِيدِ ؟ قَالَ : كَانَ يَشْهَدُ صَلاَةَ الْفَجْرِ مَعَ
الإِمَامِ , ثُمَّ يَرْجِعُ إِلَى بَيْتِهِ فَيَغْتَسِلُ غُسْلَهُ مِنَ الْجَنَابَةِ
، وَيَلْبَسُ أَحْسَنَ ثِيَابِهِ ، وَيَتَطَيَّبُ بِأَحْسَنِ مَا عِنْدَهُ ، ثُمَّ
يَخْرُجُ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى فَيَجْلِسَ فِيهِ حَتَّى يَجِيءَ الإِمَامُ
، فَإِذَا جَاءَ الإِمَامُ صَلَّى مَعَهُ ، ثُمَّ يَرْجِعُ فَيَدْخُلُ مَسْجِدَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَيُصَلِّي فِيهِ رَكْعَتَيْنِ ،
ثُمَّ يَأْتِي بَيْتَهُ
Dari Muhammad bin Ishaq: Aku berkata
kepada Naafi’: “Apa yang diperbuat Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhuma ketika hari
raya?” Beliau menjawab: “Beliau shalat subuh berjamaah bersama imam, lalu dia pulang untuk mandi sebagaimana mandi
janabah, lalu dia berpakaian yang terbaik, dan memakai wangi-wangian yang
terbaik yang dia miliki, lalu dia keluar menuju lapangan tempat shalat lalu
duduk sampai datangnya imam, lalu ketika imam datang dia shalat bersamanya,
setelah itu dia menuju masjid Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan
shalat dua rakaat, lalu pulang ke rumahnya. (Imam Al Bushiri, Ittihaf Al
Khairah, No. 1587)
Imam Al Bushiri mengatakan tentang
hadits ini:
رواه الحارث بن أبي أسامة ورجاله ثقات
، والبيهقي مختصرًا
Diriwayatkan Al Harits bin Abu Usamah, dan para
perawinya adalah terpercaya, dan diriwayatkan oleh Al Baihaqi secara ringkas. (Ibid)
Syaikh Abdurrahman Al Mubarkafuri mengatakan: “Diriwayatkan
oleh Ibnu Abid Dunya dan Al Baihaqi dan isnadnya shahih.” (At Tuhfah
Al Ahwadzi, 3/59)
Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan:
وكان يلبَس للخروج إليهما أجملَ ثيابه،
فكان له حُلَّة يلبَسُها للعيدين والجمعة، ومرة كان يَلبَس بُردَين أخضرين، ومرة
برداً أحمر
Ketika keluar pada dua hari raya, Rasulullah
memakai pakaiannya yang terbaik, Beliau memiliki sepasang pakaian yang khusus
digunakannya ketika hari raya dan hari Jumat, sekali-kali Beliau memakai yang
hijau, sekali pernah yang merah. (Zaadul Ma’ad, 1/440)[2]
3.
Makan dulu sebelum shalat Idul Fitri, sebaliknya
tidak makan dulu sebelum shalat Idul Adha
Untuk hari Idul Fitri disunahkan makan kurma
berjumlah ganjil, sebelum berangkat shalat Id. Hal ini didasarkan pada riwayat
berikut:
كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى
يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ
وَقَالَ مُرَجَّأُ
بْنُ رَجَاءٍ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي أَنَسٌ عَنْ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا
“Pada saat Idul Fitri Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam tidaklah berangkat untuk shalat sebelum makan beberapa
kurma.” Murajja bin Raja berkata, berkata kepadaku ‘Ubaidullah, katanya:
berkata kepadaku Anas, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: “Beliau
memakannya berjumlah ganjil.” (HR. Bukhari No. 953)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah,
mengutip dari Imam Ibnu Qudamah Rahimahullah:
لا نعلم في استحباب تعجيل الاكل يوم
الفطر اختلافا
Kami tidak ketahui adanya perselisihan
pendapat tentang sunahnya mendahulukan
makan pada hari Idul Fitri. (Fiqhus Sunnah, 1/317)
Ada pun untuk Idul Adha, disunahkan
tidak makan dan minum dahulu, kecuali setelah shalat Id.
Dari Buraidah Radhiallahu ‘Anhu,
bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
لَا يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى
يَطْعَمَ وَلَا يَطْعَمُ يَوْمَ الْأَضْحَى حَتَّى يُصَلِّيَ
Janganlah keluar pada hari Idul Fitri
sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia
shalat dulu. (HR. At Tirmidzi No. 542, Ibnu Majah No. 1756, Ibnu Hibban No.
2812, Ahmad No. 22984)
Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan:
“Hasan.” (Ta’liq Musnad Ahmad No. 22984), Syaikh Al Albani
menshahihkannya. (Shahih wa Dhaif Sunan Ibni Majah No. 1756, Shahih
wa Dhaif Sunan At Tirmidzi No. 542)
Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: “Dishahihkan
oleh Ibnu Hibban.” (Bulughul Maram, Hal. 176. Mawqi’ Misykah)
Imam At Tirmidzi berkata:
وَقَدْ اسْتَحَبَّ
قَوْمٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنْ لَا يَخْرُجَ يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَطْعَمَ
شَيْئًا وَيُسْتَحَبُّ لَهُ أَنْ يُفْطِرَ عَلَى تَمْرٍ وَلَا يَطْعَمَ يَوْمَ
الْأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ
Segolongan ulama menyunahkan agar
jangan keluar dulu pada hari Idul Fitri sampai makan sesuatu, dan disunahkan
baginya untuk makan kurma, dan jangan dia makan dulu pada hari Idul Adha sampai
dia pulang. (Sunan At Tirmidzi No. 542)
- Pergi menuju lapangan untuk shalat Id
Shalat hari raya di lapangan adalah
sesuai dengan petunjuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, karena Beliau
tidak pernah shalat Id, kecuali di lapangan (mushalla). Namun, jika ada
halangan seperti hujan, lapangan yang berlumpur atau becek, tidak mengapa dilakukan
di dalam masjid. Dikecualikan bagi penduduk Mekkah, shalat Id di Masjidil
Haram adalah lebih utama.
Berkata
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
صلاة العيد يجوز أن
تؤدى في المسجد، ولكن أداءها في المصلى خارج البلد أفضل ما لم يكن هناك عذر كمطر ونحوه لان رسول الله صلى الله عليه وسلم كان
يصلي العيدين في المصلى ولم
يصل العيد بمسجده إلا مرة لعذر المطر.
Shalat
Id boleh dilakukan di dalam masjid, tetapi melakukannya di mushalla (lapangan)
yang berada di luar adalah lebih utama, hal ini selama tidak ada ‘udzur
seperti hujan dan semisalnya, karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam shalat dua hari raya di lapangan, tidak pernah Beliau shalat di
masjidnya kecuali sekali karena adanya hujan. (Fiqhus Sunnah, 1/318)
Maksud
dari “mushalla” adalah:
موضع بباب المدينة الشرقي
Lapangan
di pintu Madinah sebelah timur. (Ibid, cat kaki. No. 2)
Imam An
Nawawi menjelaskan:
أما الاحكام فقال اصحابنا تجوز صلاة
العيد في الصحراء وتجوز في المسجد فان كان بمكة فالمسجد الحرام أفضل بلا خلاف
Ada
pun masalah hukum-hukumnya, sahabat-sahabat kami (Syafi’iyah) mengatakan
bolehnya shalat ‘Id di lapangan dan
bolehnya di masjid. Jika di Mekkah, maka
Masjidil Haram adalah lebih utama, tanpa diperdebatkan lagi. (Al Majmu’
Syarh Al Muhadzdzab, 5/5)
Dari Abu
Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, katanya:
أَنَّهُ
أَصَابَهُمْ مَطَرٌ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَصَلَّى بِهِمْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْعِيدِ فِي الْمَسْجِدِ
Bahwasanya
mereka ditimpa hujan pada hari raya, maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
shalat Id bersama mereka di masjid. (HR. Abu Daud No. 1160, Ibnu Majah No.
1313, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1094, Al Baihaqi dalam As Sunan
Al Kubra No. 6051, juga As Sunan Ash Shughra No. 732)[3]
Adapun
kalangan Syafi’iyah, lebih mengutamakan di masjid jika masjid itu mampu
menampung semua jamaah satu daerah, jika tidak, maka di lapangan lebih baik.
Imam
Abu Ishaq Asy Syirazi Rahimahullah menuliskan:
وإن كان المسجد
واسعا فالمسجد أفضل من المصلى لان الأئمة لم يزالوا يصلون صلاة العيد بمكة في المسجد ولان المسجد أشرف وأنظف قال الشافعي رحمه الله فإن كان المسجد
واسعا فصلى في الصحراء فلا بأس وإن كان ضيقا فصلى فيه ولم يخرج إلى المصلى كرهت
لانه إذا ترك المسجد وصلى في الصحراء لم يكن عليهم ضرر وإذا ترك الصحراء وصلى في
المسجد الضيق تأذوا بالزحام وربما فات بعضهم الصلاة فكره
Jika
masjid itu luas, maka shalat di dalamnya lebih utama dibanding di lapangan.
Karena para imam senantiasa melakukan shalatnya di Mekkah di dalam masjid, juga
karena masjid itu lebih mulia dan lebih
bersih. Imam Asy Syafi’i berkata: “Jika masjid itu luas maka shalat di lapangan
tidak apa-apa, jika masjidnya sempit maka shalatlah di lapangan. Jika ada yang tidak keluar menuju lapangan
maka itu dibenci (makruh), karena jika mereka meninggalkan masjid dan shalat di lapangan, tidak akan
terjadi dharar (kerusakan). Jika mereka meninggalkan lapangan, dan
shalat di masjid yang sempit, maka hal itu akan mengganggu mereka dengan
berdesak-desakan, bisa jadi di antara mereka ada yang luput shalatnya, dan hal
itu menjadi makruh. (Al Muhadzdzab, 1/118)
Dalam Syarah
terhadap kitab Al Muhazdzab-nya Imam Abu Ishaq, Imam
An Nawawi memberikan rincian sebagai berikut:
-
Shalat Id
di Masjidil Aqsha, menurut Al Bandaniji dan Ash Shaidalani, lebih utama
dibanding di lapangan. Jumhur tidak ada yang menolaknya, namun yang benar
adalah bahwa mereka menyamakan secara mutlak bahwa Al Aqsha sama dengan
masjid lainnya.
-
Jika di
negeri selain itu, maka jika mereka memiliki halangan untuk keluar ke lapangan,
maka tidak ada perbedaan pendapat bahwa mereka diperintahkan shalat Id di
masjid. Udzur tersebut seperti hujan,
dingin, rasa takut, dan semisalnya.
-
Jika
tidak ada udzur, dan masjidnya sempit, maka tidak ada perbedaan pendapat bahwa
di lapangan lebih afdhal.
-
Jika
masjid luas, tapi tidak ada udzur, maka ada dua pendapat:
Pertama,
yang shahih adalah yang tertera dalam Al Umm, dan merupakan pendapat Al
Mushannif (maksudnya Imam Abu Ishaq Asy Syirazi), mayoritas ulama Iraq, Al
Baghawi, dan selain mereka, bahwa shalat di masjid lebih afdhal.
Kedua, yang
shahih menurut komunitas ulama khurasan bahwa shalat di lapangan lebih afdhal,
karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam selalu melakukannya di
lapangan.
Golongan
yang pertama memberikan jawaban, bahwa dahulu shalat di lapangan lantaran
masjid berukuran sempit sedangkan manusia yang keluar sangat
banyak, maka yang lebih benar adalah di masjid. Demikian uraian Imam An Nawawi.
(Lihat semua dalam Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 5/5)
Jadi,
jika dilihat perbedaan ini, nampak bahwa
yang terpenting adalah tertampungnya jamaah shalat Id dalam tempat
shalat. Itulah esensinya, kalangan Syafi’iyah bukan menolak shalat Id di
lapangan sebagaimana penjelasan tokoh-tokoh mereka, sebagaimana memang itu yang dicontohkan nabi,
tetapi mereka melihat pada maksudnya, yaitu karena manusia begitu banyak
sedangkan kapasitas masjid tidak cukup. Nah, untuk zaman ini rasio umat Islam
dan jumlah masjidnya tidak seimbang,
umumnya memang masjid tidak mampu menampung membludaknya jamaah –dan ini
yang biasa terjadi- maka, saat itu di lapangan lebih afdhal.
Wallahu
A’lam
- Dianjurkan
kaum wanita dan anak-anak keluar ke lapangan
Mereka
dianjurkan untuk keluar karena memang ini adalah hari raya yang mesti disambut
dengan suka cita oleh siapa saja.
Syaikh
Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
يشرع خروج الصبيان والنساء في العيدين
للمصلى من غير فرق بين البكر والثيب والشابة والعجوز والحائض
Dianjurkan
keluarnya anak-anak dan kaum wanita pada dua hari raya menuju lapangan, tanpa
ada perbedaan, baik itu gadis, dewasa, pemudi, tua renta, dan juga wanita haid.
(Fiqhus Sunnah, 1/318)
Ummu ‘Athiyah
Radhiallahu ‘Anha berkata:
أَمَرَنَا رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ
وَالْأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَأَمَّا الْحُيَّضُ
فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلَاةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِحْدَانَا لَا يَكُونُ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ
لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا
Kami
diperintahkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk mengeluarkan anak-anak
gadis, wanita haid, wanita yang dipingit, pada hari Idul Fitri dan idul Adha.
Ada pun wanita haid, mereka terpisah dari tempat shalat. Agar mereka bisa
menghadiri kebaikan dan doa kaum muslimin. Aku berkata: “Wahai Rasulullah,
salah seorang kami tidak memiliki jilbab.” Beliau menjawab: “Hendaknya
saudarinya memakaikan jilbabnya untuknya.” (HR. Bukhari No. 324, dan Muslim
No. 890, dan ini lafaznya Imam Muslim)
Hikmahnya
adalah –selain agar mereka bisa mendapatkan kebaikan dan doa kaum muslimin-
juga sebagai momen bagi kaum wanita dan anak-anak untuk mendapatkan pelajaran
dan nasihat agama. Hal ini ditegaskan dalam riwayat Ibnu Abbas Radhiallahu
‘Anhuma, ketika dahulu masih kecil, katanya:
خَرَجْتُ مَعَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ فِطْرٍ أَوْ أَضْحَى
فَصَلَّى ثُمَّ خَطَبَ ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ فَوَعَظَهُنَّ وَذَكَّرَهُنَّ
وَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ
Saya
keluar bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pada hari Idul Fitri
atau Idul Adha, Beliau shalat, kemudian berkhutbah, lalu mendatangi kaum wanita
dan memberikan nasihat kepada mereka, memberikan peringatakan dan memerintahkan
mereka untuk bersedekah. (HR. Bukhari No. 975)
Namun,
hendaknya keluarnya kaum wanita tetap menjaga akhlak dan adab berpakaian yang
dibenarkan syariat, tidak berpakaian dan berhias seperti orang kafir, tidak
menampakkan lekuk tubuh, menutup aurat secara sempurna, tidak mencolok, dan
menjauhi wangi-wangian.
- Shalat
Hari Raya
Dalam hal ini Allah Ta’ala
berfirman:
فَصَلِّ
لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar: 2)
Shalat Idul Adha (juga Idhul Fitri) adalah sunah
muakadah. Berkata Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
شرعت صلاة العيدين
في السنة الاولى من الهجرة، وهي سنة مؤكدة واظب النبي صلى الله عليه وسلم عليها
وأمر الرجال والنساء أن يخرجوا لها.
Disyariatkannya shalat ‘Idain
(dua hari raya) pada tahun pertama dari hijrah, dia adalah sunah muakadah
yang selalu dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Beliau
memerintahkan kaum laki-laki dan wanita untuk keluar meramaikannya. (Fiqhus
Sunnah, 1/317)
Ada pun kalangan Hanafiyah
berpendapat wajib, tetapi wajib dalam pengertian madzhab Hanafi adalah
kedudukan di antara sunah dan fardhu.
Disebutkan dalam Al Mausu’ah:
صَلاَةُ الْعِيدَيْنِ وَاجِبَةٌ عَلَى
الْقَوْل الصَّحِيحِ الْمُفْتَى بِهِ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ - وَالْمُرَادُ مِنَ
الْوَاجِبِ عِنْدَ الْحَنَفِيَّةِ : أَنَّهُ مَنْزِلَةٌ بَيْنَ الْفَرْضِ
وَالسُّنَّةِ - وَدَلِيل ذَلِكَ : مُوَاظَبَةُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ عَلَيْهَا مِنْ دُونِ تَرْكِهَا وَلَوْ مَرَّةً
Shalat ‘Idain adalah wajib
menurut pendapat yang shahih yang difatwakan oleh kalangan Hanafiyah –maksud
wajib menurut madzhab Hanafi adalah kedudukan yang setara antara fardhu dan
sunah. Dalilnya adalah begitu bersemangatnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam melakukannya, Beliau tidak pernah meninggalkannya sekali pun. (Al
Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 27/240)
Sedangkan Syafi’iyah dan Malikiyah
menyatakan sebagai sunah muakadah, dalilnya adalah karena Nabi Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam pernah ditanya oleh orang Arab Badui tentang shalat
fardhu, Nabi menyebutkan shalat yang lima. Lalu Arab Badui itu bertanya:
هَل عَلَيَّ غَيْرُهُنَّ ؟ قَال لاَ ، إِلاَّ أَنْ تَطَوَّعَ
Apakah ada yang selain itu? Nabi menjawab:
“Tidak ada, kecuali yang sunah.” (HR. Bukhari No. 46)
Bukti lain bahwa shalat ‘Idain
itu sunah adalah shalat tersebut tidak menggunakan adzan dan iqamah sebagaimana
shalat wajib lainnya. Shalat tersebut sama halnya dengan shalat sunah lainnya
tanpa adzan dan iqamah, seperti dhuha, tahajud, dan lainnya. Ini menunjukkan
bahwa shalat ‘Idain adalah sunah.
Sedangkan Hanabilah mengatakan
fardhu kifayah, alasannya adalah karena firman Allah Ta’ala menyebutkan
shalat tersebut dengan kalimat perintah:
“Maka dirikanlah
shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar: 2). Juga
karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam selalu merutinkannya. (Ibid,
27/240)
- Mendengarkan Khutbah Hari Raya
Berkhutbah hari raya adalah sunah
menurut jumhur ulama, mendengarkannya juga sunah.
Syaikh Sayyid Sabiq menerangkan:
الخطبة بعد صلاة العيد سنة والاستماع
إليها كذلك
Khutbah setelah shalat Id adalah
sunah, mendengarkannya juga begitu. (Fiqhus Sunnah, 1/321)
Syaikh Wahbah Az Zuhaili Rahimahullah
menjelaskan:
تسن عند الجمهور وتندب عند المالكية
خطبتان للعيد كخطبتي الجمعة في الأركان والشروط والسنن والمكروهات، بعد صلاة العيد
خلافاً للجمعة، بلا خلاف بين المسلمين
Disunahkan menurut mayoritas ulama,
dan dianjurkan menurut Malikiyah dua khutbah pada saat hari raya, sebagaimana
khutbah Jumat dalam hal rukun, syarat, sunah, dan makruhnya, dilakukan setelah
shalat Id, berbeda dengan shalat Jumat, tidak ada perselihan pendapat di antara
kaum muslimin dalam hal ini. (Al Fiqhu Al Islami wa Adillatuhu,
2/528)
Maka, di sisi khatib, sangat dianjurkan agar khatib memberikan
khutbah semenarik mungkin agar jamaah tidak pulang. Sebab, di sisi lain mereka
berhak untuk itu, karena memang itu sunah, dan mereka pun sudah shalat Id.
Berbeda dengan shalat Jumat, mereka tidak mungkin pulang ketkka mendengarkan
khutbah, karena shalatnya belum mulai.
- Berangkat dan Pulang
melewati jalan yang berbeda
Sunah ini
diterangkan dalam berbagai riwayat. Di antaranya:
Dari Jabir
bin Abdullah Radhiallahu ‘Anhuma, katanya:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ يَوْمُ عِيدٍ خَالَفَ الطَّرِيقَ
Nabi Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam jika keluar pada hari Id akan menempuh jalan yang
berbeda. (HR. Bukhari No. 986)
Dari Abu
Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, katanya:
كان النبي صلى الله عليه و سلم كان إذا
خرج إلى العيدين رجع في غير الطريق الذي خرج فيه
Dahulu
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika keluar menuju shalat dua hari
raya, pulangnya menempuh jalan yang berbeda dengan keluarnya. (HR. Ahmad No.
8454, Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1099, Al Baihaqi dalam As Sunan
Ash Shughra No. 727, Ibnu Khuzaimah
No. 1468)[4]
Imam At
Tirmidzi juga meriwayatkan dengan lafaz:
كَانَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ يَوْمَ الْعِيدِ فِي طَرِيقٍ
رَجَعَ فِي غَيْرِهِ
Dahulu
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika keluar pada hari raya menempuh
sebuah jalan, pulangnya dia melewati jalan yang lain. (HR. At Tirmidzi No.
541, katanya: hasan gharib. Syaikh Al Albani menshahihkan dalam Shahihul Jami’ No. 4710)
Imam At
Tirmidzi mengomentari hadits ini:
وَقَدْ اسْتَحَبَّ بَعْضُ أَهْلِ
الْعِلْمِ لِلْإِمَامِ إِذَا خَرَجَ فِي طَرِيقٍ أَنْ يَرْجِعَ فِي غَيْرِهِ
اتِّبَاعًا لِهَذَا الْحَدِيثِ وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ
Sebagian
ulama menyunahkan bagi imam jika keluar melewati sebuah jalan, hendaknya pulang
melalui jalan lain, untuk mengikuti hadits ini. Ini adalah pendapat Asy
Syafi’i. (Sunan At Tirmidzi No. 541)
Namun,
secara zahir hadits ini tidak menunjukkan kekhususan untuk imam. Oleh
karenanya, mesti dipahami bahwa kesunahan ini berlaku secara umum, bagi imam,
juga selain imam.
Syaikh
Abdurrahman Al Mubarkafuri menjelaskan:
قال أبو الطيب السندي الظاهر أنه تشريع
عام فيكون مستحبا لكل أحد ولا تخصيص بالإمام إلا إذا ظهر أنه لمصلحة مخصوصة
بالأئمة فقط
Berkata
Abu Thayyib As Sindi: yang benar adalah bahwa pensyariatannya adalah umum, maka
hal ini menjadi sunah bagi setiap orang tidak dikhususkan bagi imam saja,
kecuali jika ada kejelasan adanya
maslahat khusus terkait dengan para imam saja. (Tuhfah Al Ahwadzi,
3/78)
Al Hafizh
Ibnu Hajar mengoreksi informasi apa yang ditulis Imam At Tirmidzi tentang
pendapat Imam Asy Syafi’i yang katanya sunah bagi imam saja, kata Al Hafizh:
والذي في الأم أنه يستحب للإمام
والمأموم وبه قال أكثر الشافعية
Dan,
yang ada di dalam Al Umm, bahwa Beliau (Asy Syafi’i) menyunahkan bagi
imam dan ma’mum sekaligus, dan ini merupakan pendapat mayoritas Syafi’iyah. (Fathul
Bari, 2/472)
Syaikh
Al Mubarkafuri menambahkan:
وبالتعميم قال أكثر
أهل العلم انتهى قلت وبالتعميم قال الحنفية أيضا
Dan,
mayoritas ulama berpendapat bahwa hal ini berlaku umum. Aku berkata: “untuk
umum” juga pendapat Hanafiyah. (Tuhfah Al Ahwadzi, 3/79)
Apa
hikmahnya disunahkan menempuh jalan berbeda?
Tidak
ada keterangan dalam As Sunah tentang alasan kenapa Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam melakukan hal ini. Oleh karenanya, terjadi beragam tafsir
dari para ulama tentang maksudnya, sampai lebih dari 20 pendapat.
Al
Hafizh Ibnu Hajar mengatakan:
وقد اختلف في معنى ذلك على أقوال كثيرة
اجتمع لي منها أكثر من عشرين
Telah
terjadi perselisihan tentang makna hal ini dengan perselisihan yang banyak,
saya telah mengumpulkan pendapat-pendapat itu,
di antaranya lebih dari 20 pendapat. (Fathul Bari, 2/473)
Di antara
mereka ada yang mengatakan; untuk saling mengunjungi satu sama lain, untuk
berbagi keberkahan di antara mereka, agar mereka menyebarkan wangi-wangian yang memang disunahkan untuk
memakainya saat itu dan bisa dicium oleh orang lain, untuk membuat jengkel Yahudi dan kaum
munafik, menunjukkan syiar, untuk mesyiarkan dzikrullah, dan sebagainya.
Boleh
menempuh jalan yang sama
Tidak
terlarang jika pada akhirnya ketika pulang dari shalat Id memilih jalan yang
sama dengan berangkatnya. Hal ini berdasarkan
riwayat berikut:
Dari
Bakr bin Mubasysyir Al Anshari, katanya:
كُنْتُ أَغْدُو
مَعَ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى
الْمُصَلَّى يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الْأَضْحَى فَنَسْلُكُ بَطْنَ بَطْحَانَ
حَتَّى نَأْتِيَ الْمُصَلَّى فَنُصَلِّيَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ نَرْجِعَ مِنْ بَطْنِ بَطْحَانَ إِلَى بُيُوتِنَا
Saya
berangkat pagi-pagi bersama para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam menuju lapangan pada hari Idul Fitri dan Idul Adha, kami menempuh
lembah Bath-han sampai kami datang ke lapangan lalu kami shalat bersama
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, kemudian kami pulang melewati lembah
Bath-han ke rumah-rumah kami. (HR. Abu Daud No. 1158, Al Hakim dalam Al
Mustadrak No. 1100, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 6048,
Alauddin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul ‘Ummal No. 24520, katanya: Ibnu
Sikkin berkata isnadnya shaalih (baik). Abu Nu’aim dalam Ma’rifatush
Shahabah No. 1156)
Sebagian
ulama mendhaifkan hadits, namun demikian hal ini tidak mengubah hakikat masalah
ini, yakni menempuh jalan berbeda antara pergi dan pulang adalah sunah, bukan
wajib.
Syaikh
Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al Badr Hafizhahullah menjelaskan:
ولكن يدل على أن الإنسان له أن يذهب من
طريق ويرجع من نفس طريقه دون أن يخالف الطريق، لكن الحديث غير ثابت؛ لأن فيه من هو
ضعيف ومن هو مجهول، والثابت هو ما تقدم من أنه يخالف الطريق، وأنه يذهب من طريق
ويرجع من طريق، وهذا سنة، ولو أن الإنسان ذهب من طريقه ورجع من طريقه فلا بأس
بذلك، فالذهاب من طريق والرجوع من طريق أخرى ليس بواجب وإنما هو مستحب، إن فعله
الإنسان أثيب وإن لم يفعله فلا شيء عليه
Tetapi
hadits ini menunjukkan bahwa manusia dapat pergi dan pulang melalui jalan yang
sama tanpa menempuh jalan yang berbeda, tetapi hadits ini tidak tsaabit
(kuat), karena di dalamnya terdapat perawi yang lemah dan majhuul, yang
shahih adalah hadits yang telah lalu bahwa nabi menempuh jalan yang berbeda,
Beliau pergi melalui sebuah jalan dan kembali melalui jalan yang lain, dan ini
adalah sunah. Seandainya manusia pergi melalui sebuah jalan lalu pulang lewat
jalan itu lagi, hal itu tidak apa-apa. Jadi, pergi menempuh suatu jalan dan
pulangnya menempuh jalan lain adalah bukan hal yang wajib, itu hanya
mustahab (disukai), jika manusia melakukannya maka dia mendapatkan pahala,
jika tidak, maka tidak apa-apa. (Syarh Sunan Abi Daud, 6/470)
- Mengucapkan
selamat hari raya: “taqabbalallahu minna wa minka”
Telah diriwayatkan dari Al Watsilah, bahwa beliau
berjumpa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan mengucakan: Taqabballahu minna wa minka (Semoga
Allah menerima amal kami dan Anda). Namun sanad riwayat ini dhaif
(lemah/tidak valid), sebagaimana yang dikatakan Al Imam Al Hazifh Ibnu Hajar Al
‘Asqalani dalam Fathul Bari. Namun,
Imam Ibnu Hajar berkata:
وَرَوَيْنَا فِي
" الْمَحامِلِيَّاتِ " بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ
" كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا
يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك "
“Kami meriwayatkan dalam kitab Al Mahalliyat,
dengan sanad yang hasan (bagus), dari Jubeir bin Nufair, katanya: dahulu
para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika mereka
berjumpa pada hari raya, satu sama lain berkata: “taqabbalallahu minna wa
minka.” (Fathul Bari, 2/446. Darul Fikr)
Hal ini juga diriwayatkan oleh Muhammad bin Ziyad,
bahwa beliau bersama Abu Umamah Al Bahili dan para sahabat nabi lainnya, bahwa
mereka jika satu sama lain berjumpa sepulang shalat Id, mengucapkan: taqabballahu
minna wa minka. Menurut Imam Ahmad bin Hambal sanadnya jayyid
(bagus/baik). (Syaikh Al Albani, Tamamul Minnah, hal. 355-356)
- Bersenang-senang
dan bergembira dengan mengadakan pesta dan permainan yang halal
Bersenang
dan bergembira ketika hari raya adalah bagian dari ketentuan syariat, selama
semua dilakukan sesuai syariat pula, tidak berlebihan, dan tidak membuat lupa
dengan kewajiban.
Berkata
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah:
اللعب المباح، واللهو البرئ، والغناء
الحسن، ذلك من شعائر الدين التي شرعها الله في يوم العيد، رياضة للبدن وترويحا عن
النفس
Melakukan
permainan yang dibolehkan, gurauan yang baik, nyanyian yang baik, semua itu
termasuk di antara syiar-syiar agama yang Allah tetapkan pada hari raya , untuk menyehatkan badan
dan mengistirahatkan jiwa. (Fiqhus Sunnah, 1/323)
Dari Anas
bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, katanya:
قَدِمَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَلَهُمْ يَوْمَانِ
يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ مَا هَذَانِ الْيَوْمَانِ قَالُوا كُنَّا نَلْعَبُ
فِيهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ
الْأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ
Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam datang ke Madinah, saat itu mereka
memiliki dua hari untuk bermain-main. Lalu Beliau bersabda: “Dua hari apa ini?”
Mereka menjawab: “Dahulu, ketika kami masih jahiliyah kami bermain-main pada
dua hari ini.” Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab:
“Sesungguhnya Allah telah menggantikan buat kalian dua hari itu dengan yang
lebih baik darinya, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.” (HR. Abu Daud No. 1134,
Ahmad No. 12006, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 5918, Al Hakim
dalam Al Mustadrak No. 1091, Abu Ya’la No. 3820)[5]
‘Aisyah Radhiallahu
‘Anha, bercerita:
أَنَّ الْحَبَشَةَ كَانُوا يَلْعَبُونَ
عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمِ عِيدٍ، قَالَتْ:
فَاطَّلَعْتُ مِنْ فَوْقِ عَاتِقِهِ ، فَطَأْطَأَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْكِبَيْهِ، فَجَعَلْتُ أَنْظُرُ إِلَيْهِمْ مِنْ فَوْقِ
عَاتِقِهِ حَتَّى شَبِعْتُ، ثُمَّ انْصَرَفْتُ
Orang-orang
Habasyah (Etiopia) mengadakan permainan di hadapan Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam pada hari raya. Dia (‘Aisyah) berkata: “Aku pun menonton
di atas bahunya, dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam merendahkan
bahunya untukku, sehingga aku bisa melihat mereka di atas bahunya sampai aku
puas, kemudian aku berpaling.” (HR. Ahmad No. 24296, An Nasa’i dalam As
Sunan Al Kubra No. 1798, dan Sunan An Nasa’i No. 1594. Dishahihkan
oleh Syaikh Al Albani. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan An Nasa’i No. 1594,
juga Syaikh Syu’aib Al Arnauth. Lihat Ta’liq Musnad Ahmad No. 24296)
‘Aisyah Radhiallahu
‘Anha juga cerita:
دَخَلَ أَبُو
بَكْرٍ وَعِنْدِي جَارِيَتَانِ مِنْ جَوَارِي الْأَنْصَارِ تُغَنِّيَانِ بِمَا
تَقَاوَلَتْ الْأَنْصَارُ يَوْمَ بُعَاثَ قَالَتْ وَلَيْسَتَا بِمُغَنِّيَتَيْنِ
فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ أَمَزَامِيرُ الشَّيْطَانِ فِي بَيْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَذَلِكَ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَبَا بَكْرٍ إِنَّ لِكُلِّ قَوْمٍ عِيدًا
وَهَذَا عِيدُنَا
“Abu Bakar
masuk ke rumah dan di hadapanku ada dua orang jariyah (budak remaja wanita) dari Anshar,
mereka berdua sedang bernyanyi dengan syair yang mengingatkan kaum Anshar
terhadap hari perang Bu’ats.” Dia
(‘Aisyah) berkata: “Mereka berdua bukanlah penyanyi.” Lalu Abu Bakar berkata:
“Apakah seruling-seruling syetan ada di rumah Rasulullah?” Saat itu sedang hari
raya. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Wahai Abu
Bakar, Setiap kaum ada hari rayanya, dan hari ini adalah hari raya kita.” (HR.
Bukhari No. 952, Muslim No. 892, Imam Muslim menambahkan bahwa dua jariyah ini
memainkan duff /rebana)[6]
Dalam
riwayat lain ada tambahan:
دعهن يا أبا بكر فإنها أيام عيد فتعلم
يهود أن فى ديننا فسحة إنى أرسلت بحنيفية سمحة
Biarkan
mereka wahai Abu Bakar, sesungguhnya ini adalah hari raya, agar orang Yahudi
tahu bahwa pada agama kita ada kelapangan, dan aku diutus dengan membawa agama
yang hanif lagi lapang. (HR. Ahmad No. 24855, Alauddin Al Muttaqi Al Hindi, Kanzul
‘Ummal No. 40628. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: hadits ini kuat,
dan sanadnya hasan. Lihat Ta’liq Musnad Ahmad No. 24855)
- Bertakbir
Pada Hari Raya
Kita
dianjurkan untuk bertakbir pada hari raya, selain ini menjadi syiar Islam
yang begitu kuat, ini juga diperintahkan
dalam Al Quran dan dicontohkan dalam As Sunnah.
-
Untuk
bertakbir pada Idul Fitri
Allah Ta’ala berfirman:
وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ
وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya
dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan
kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Baqarah (2): 185)
Waktunya
Ayat di atas dijadikan dalil oleh Imam Asy Syafi’i
dan yang menyepakatinya, bahwa bertakbir pada hari Idul Fitri adalah dimulai
ketika berakhirnya Ramadhan pada saat tenggelamnya matahari. Istilah di negeri
kita adalah malam takbiran. Pada ayat ini, diperintahkan untuk mulai bertakbir ketika sudah sempurna
bilangan puasanya, dan bilangan puasa telah cukup sempurna setelah mereka
berbuka pada puasa terakhir Ramadhan di malam harinya.
Syaikh
Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
وقال قوم التكبير من ليلة الفطر إذا
رأوا الهلال حتى يغدوا إلى المصلى وحتى يخرج الامام
Segolongan
ulama mengatakan bahwa bertakbir dilakukan sejak malam hari raya Idul Fitri
jika telah terlihat hilal, sampai pagi hari hari menuju lapangan dan sampai keluarnya
imam ke tempat shalat. (Fiqhus Sunnah, 1/325)
Imam Asy
Syafi’i Radhiallahu ‘Anhu berkata dalam Al Umm ketika
mengomentari ayat di atas:
فَسَمِعْت من أَرْضَى من أَهْلِ
الْعِلْمِ بِالْقُرْآنِ أَنْ يَقُولَ لِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ عِدَّةَ صَوْمِ
شَهْرِ رَمَضَانَ وَتُكَبِّرُوا اللَّهُ عِنْدَ إكْمَالِهِ على ما هَدَاكُمْ
وَإِكْمَالُهُ مَغِيبُ الشَّمْسِ من آخِرِ يَوْمٍ من أَيَّامِ شَهْرِ رَمَضَانَ
Aku
mendengar dari orang-orang yang aku ridhai dari kalangan ulama yang mengerti Al
Quran, yang mengatakan “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya”
yaitu bilangan puasa di bulan Ramadhan, dan bertakbir ketika sempurna
bilangannya “atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu” sempurnanya itu
adalah ketika tenggelamnya matahari pada akhir hari di hari-hari bulan Ramadhan.
Lalu,
Imam Asy Syafi’i melanjutkan:
فإذا رَأَوْا هِلَالَ شَوَّالٍ
أَحْبَبْتُ أَنْ يُكَبِّرَ الناس جَمَاعَةً وَفُرَادَى في الْمَسْجِدِ
وَالْأَسْوَاقِ وَالطُّرُقِ وَالْمَنَازِلِ وَمُسَافِرِينَ وَمُقِيمِينَ في كل
حَالٍ وَأَيْنَ كَانُوا وَأَنْ يُظْهِرُوا التَّكْبِيرَ وَلَا يَزَالُونَ
يُكَبِّرُونَ حتى يَغْدُوَا إلَى الْمُصَلَّى وَبَعْدَ الْغُدُوِّ حتى يَخْرُجَ
الْإِمَامُ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ يَدَعُوا التَّكْبِيرَ
Maka, jika sudah terlihat hilal
bulan Syawal aku suka bila manusia bertakbir baik secara berjamaah atau sendiri
di masjid, pasar, jalan-jalan, rumah-rumah, para musafir, dan para mukimin pada
setiap keadaan, di mana saja mereka berada hendaknya menampakkan takbirnya, dan
terus menerus takbir sampai datangnya pagi hingga menunju lapangan dan setelah
itu sampai imam keluar untuk shalat, kemudian mereka sudahi takbir itu. (Al
Umm, 1/231. Darul Ma’rifah)
Tetapi
jumhur ulama mengatakan, bahwa mulainya adalah sejak pagi hari menuju lapangan
hingga khutbah Id.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah
mengatakan: وجمهور العلماء على أن التكبير في عيد الفطر من وقت الخروج إلى
الصلاة إلى ابتداء الخطبة.وقد روي في ذلك أحاديث ضعيفة وإن كانت الرواية صحت بذلك عن ابن عمر وغيره
من الصحابة. قال الحاكم: هذه سنة تداولها أهل الحديث.وبه قال مالك وأحمد وإسحق
وأبو ثور.
Mayoritas ulama berpendapat
bahwa bertakbir pada Idul Fitri dimulai sejak keluar menuju shalat Id, sampai
mulainya khutbah. Hal itu telah diriwayatkan dalam hadits-hadits dhaif, walau
ada yang shahih hal itu dari Ibnu Umar dan selainnya dari kalangan sahabat
nabi. Berkata Al Hakim: ini adalah sunah yang tersebar dikalangan ahli hadits.
Dan inilah pendapat Malik, Ahmad, ishaq, dan Abu Tsaur. (Fiqhus Sunnah, 1/325)
Shighat (Bentuk Kalimat) Takbir Wahbah Az
Zuhaili Hafizhahullah merinci sebagai berikut:
-
Bacaan
takbir menurut kalangan Hanafiyah dan Hanabilah
Allahu
Akbar Allahu Akbar Laa ilaha Illallah wallahu Akbar Allahu Akbar (dibaca 2
kali), lalu walillahil hamd.
Bacaan ini berdasarkan riwayat dari
Jabir, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dan juga yang dibaca dua
khalifah, dan juga Ibnu Mas’ud.
-
Menurut
Malikiyah dan Syafi’iyah dalam pendapat barunya (Qaul Jadid)
(Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu
Akbar) dan ini adalah yang terbaik menurut Malikiyah, jika mau menambahkan
(Laa Ilaha Ilallah wallahu Akbar Allahu Akbar wa Lillahil Hamd), maka
ini bagus, amalan ini berdasarkan riwayat dari Jabir dan Ibnu Abbas Radhiallahu
‘Anhuma, disunahkan menurut Syafi’iyah setelah membaca takbir yang ketiga:
(Allahu Akbar Kabira wal Hamdulillah Katsira wa Subhanallahu Bukrataw wa
Ashila), sebagaimana yang nabi ucapkan di bukti Shafa. Disunahkan pula
setelah itu dengan menambahkan:
لا إله إلا الله
ولا نعبد إلا إياه، مخلصين له الدين ، ولو كره الكافرون، لا إله إلا الله وحده،
صدق وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله والله أكبر
Tambahan ini dilakukan jika mau saja
menurut Hanafiyah, lalu ditutup dengan membaca:
اللهم صلِّ على
محمد وعلى آل محمد، وعلى أصحاب محمد، وعلى أزواج محمد، وسلم تسليماً كثيراً
Demikian.
(Lihat Al Fiqhu Al Islami wa Adillatuhu, 2/532)
Imam Ath Thabarani meriwayatkan tentang
takbirnya Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu:
أنه كان يكبر صلاة
الغداة من يوم عرفة ويقطع صلاة العصر من يوم النحر يكبر إذا صلى العصر قال : وكان
يكبر الله أكبرالله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Bahwasanya Abdullah bin Mas’ud bertakbir pada
shalat subuh pada hari ‘Arafah (9 Dzulhijjah), dan memutuskannya pada shalat
‘ashar hari nahr (penyembelihan), Beliau bertakbir jika shalat ‘ashar: “Allahu
Akbar, Allahu Akbar, laa Ilaha Illallah wallahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil
hamd.” (Al Mu’jam Al Kabir No. 9538. Lihat juga Mushannaf Ibnu Abi Syaibah No. 5679, )
Serupa
dengan ini juga dilakukan oleh Ali bin
Abi Thalib. (Kanzul ‘Ummal No. 12754)
Sedangkan Ibnu Abbas bertakbir sejak shalat
subuh pada hari ‘Arafah, hingga hari-hari tasyriq, tidak bertakbir pada
maghribnya. Kalimat takbir Ibnu Abbas:
اللَّهُ أَكْبَرُ
كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ ، اللَّهُ
أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ.
Allahu Akbar Kabira (2X), Allahu
Akbar wa Ajall, Allahu Akbar wa lillahil Hamd. (Mushannaf Ibnu
Abi Syaibah No. 5692)
Mana saja dari kalimat ini yang kita pakai,
maka semuanya adalah baik. Ini adalah masalah yang lapang dan luwes.
Dianjurkan Mengeraskan Suara
Hal ini adalah sunah menurut jumhur ulama.
Dan, telah dicontohkan oleh para sahabat bahwa mereka mengeraskan suara ketika
bertakbir, seperti Umar bin Khathab melakukannya di Kubah masjid di kota Mina,
yang akhirnya diikuti oleh penduduk Mina sehingga kota Mina menjadi riuh oleh
takbir.
Tertulis di dalam Al Mausu’ah:
أَمَّا التَّكْبِيرُ فِي
عِيدِ الْفِطْرِ فَيَرَى جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ يُكَبَّرُ فِيهِ جَهْرًا وَاحْتَجُّوا بِقَوْلِهِ تَعَالَى : { وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى
مَا هَدَاكُمْ } قَال ابْنُ عَبَّاسٍ : هَذَا وَرَدَ فِي عِيدِ
الْفِطْرِ بِدَلِيل عَطْفِهِ عَلَى قَوْله تَعَالَى : { وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ
} وَالْمُرَادُ بِإِكْمَال
الْعِدَّةِ بِإِكْمَال صَوْمِ رَمَضَانَ
Ada
pun pada Idul Fitri jumhur (mayoritas) fuqaha memandang bahwa bertakbir
dilakukan dengan suara dikeraskan. Mereka berdalil dengan firman Allah Ta’ala:
“hendaklah
kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu,”
berkata Ibnu Abbas: ayat ini berbicara tentang Idul Fitri karena kaitannya
dengan firmanNya: “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya,”
maksudnya dengan menyempurnakan jumlahnya, dengan menggenapkan puasa Ramadhan. (Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah,
13/213)
Ada pun kalangan Hanafiyah mereka
menganjurkan bertakbir secara disirr-kan, pada hari raya Idul Fitri.
Berikut ini keterangannya:
وَذَهَبَ أَبُو
حَنِيفَةَ إِلَى عَدَمِ الْجَهْرِ بِالتَّكْبِيرِ فِي عِيدِ الْفِطْرِ لأِنَّ
الأْصْل فِي الثَّنَاءِ الإْخْفَاءُ لِقَوْلِهِ تَعَالَى {وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي
نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْل } وَقَوْلُهُ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ الذِّكْرِ الْخَفِيُّ. وَلأِنَّهُ أَقْرَبُ مِنَ الأْدَبِ وَالْخُشُوعِ ، وَأَبْعَدُ مِنَ
الرِّيَاءِ
Pendapat Abu Hanifah adalah takbir tidak
dikeraskan saat Idul Fitri, karena pada asalnya pujian itu mesti disembunyikan,
karena Allah Ta’ala berfirman: “dan
sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut,
dan dengan tidak mengeraskan suara,” dan sabda Nabi Shallallahu
‘Alaihi wa Sallam: “Sebaik-baiknya
dzikir adalah yang tersembunyi.” [7] Karena hal itu lebih dekat dengan adab,
khusyu’, dan lebih jauh dari riya’. (Al Mausu’ah, 13/214)
- Takbir Pada Idhul Adha
Allah Ta’ala berfirman:
وَاذْكُرُوا
اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ
Dan berdzikirlah kepada Allah
pada hari-hari yang telah ditentukan. (QS. Al Baqarah (2): 203) Maksud “hari-hari yang telah ditentukan”
adalah hari-hari tasyriq, sebagaimana dikatakan Ibnu Abbas. (Al
Baihaqi dalam Ma’rifatus Sunan wal Atsar No. 3354)
Waktunya
Bertakbir pada Idul Adha, sudah
dimulai sejak pagi hari 9 Dzulhijah hingga akhir hari tasyriq (13
Dzulhijjah) sebelum maghrib. Sebenarnya
tidak ada keterangan dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, oleh
karena itu mereka berbeda dalam kapankah mulainya? Dan kapan berakhirnya? Ada pun sebagian sahabat melakukannya sejak
subuh hari Arafah hingga ashar 13 Dzulhijjah, itulah yang dilakukan oleh para
sahabat seperti Ali dan Ibnu Mas’ud sebagaimana keterangan sebelumnya.
Al Hafizh Ibnu Hajar menceritakan:
وَلِلْعُلَمَاءِ
اِخْتِلَافٌ أَيْضًا فِي اِبْتِدَائِهِ وَانْتِهَائِهِ فَقِيلَ : مِنْ صُبْحِ
يَوْمِ عَرَفَةَ ، وَقِيلَ مِنْ ظُهْرِهِ ، وَقِيلَ مِنْ عَصْرِهِ ، وَقِيلَ مِنْ
صُبْحِ يَوْمِ النَّحْرِ ، وَقِيلَ مِنْ ظُهْرِهِ . وَقِيلَ فِي الِانْتِهَاءِ
إِلَى ظُهْرِ يَوْمِ النَّحْرِ ، وَقِيلَ إِلَى عَصْرِهِ ، وَقِيلَ إِلَى ظُهْرِ
ثَانِيهِ ، وَقِيلَ إِلَى صُبْحِ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ ، وَقِيلَ إِلَى
ظُهْرِهِ ، وَقِيلَ إِلَى عَصْرِهِ . حَكَى هَذِهِ الْأَقْوَالَ كُلَّهَا
النَّوَوِيُّ إِلَّا الثَّانِيَ مِنْ الِانْتِهَاءِ . وَقَدْ رَوَاهُ
الْبَيْهَقِيُّ عَنْ أَصْحَابِ اِبْنِ مَسْعُودٍ وَلَمْ يَثْبُتْ فِي شَيْءٍ مِنْ
ذَلِكَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثٌ ، وَأَصَحُّ
مَا وَرَدَ فِيهِ عَنْ الصَّحَابَةِ قَوْلُ عَلِيٍّ وَابْنِ مَسْعُودٍ أَنَّهُ
مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ آخِرِ أَيَّامِ مِنًى أَخْرَجَهُ اِبْنُ الْمُنْذِرِ
وَغَيْرُهُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
Para
ulama berbeda pendapat juga tentang mulai dan berakhirnya. Ada yang bilang:
sejak subuh hari ‘Arafah, ada pula yang bilang sejak zhuhur, ada yang sejak ashar,
ada yang bilang sejak subuh hari nahr (penyembelihan – 10 Dzulhijah, pen),
ada yang bilang sejak zhuhur hari nahr. Ada yang mengatakan berakhirnya
sampai zhuhur hari nahr, ada yang bilang sampai ashar, ada yang bilang
sampai zhuhur hari tasyriq kedua, ada yang bilang sampai subuh pada akhir hari
tasyriq, ada yang bilang sampai zuhurnya, dan ada yang sampai asharnya. Semua pendapat ini diceritakan oleh An Nawawi
kecuali pendapat berakhirnya takbir
sampai zhuhur hari kedua tasyriq. Dan, Al Baihaqi telah meriwayatkan dari para
sahabat, dari Ibnu Mas’ud. Tidak ada
yang pasti sedikit pun hadits Nabi
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang hal ini, yang shahih adalah apa yang
diriwayatkan dari Ali dan Ibnu Mas’ud bahwa mereka melakukannya sejak subuh hari
Arafah hingga akhir hari-hari di Mina –hari tasyriq. (Fathul Bari,
2/462) Syaikh
Sayyid Sabiq menambahkan:
ووقته في عيد
الاضحى من صحيح يوم عرفة إلى عصر أيام التشريق وهي اليوم الحادي عشر، والثاني عشر،
والثالث عشر من ذي الحجة.
Waktu bertakbir bagi Idul Adha yang shahih
adalah sejak hari ‘Arafah sampai ashar hari-hari tasyriq, yaitu 11,12,13, dari
Dzulhijjah. (Fiqhus Sunnah, 1/325)
Sebenarnya,
dalam hadits shahih ada isyarat bahwa mulainya bertakbir bagi Idul Adha adalah
sejak hari ‘Arafah (9 Dzulhijjah), yaitu beberapa riwayat berikut:
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir Radhiallahu
‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ
التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الْإِسْلَامِ وَهِيَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
Hari ‘Arafah, hari penyembelihan
qurban, hari-hari tasyriq, adalah hari raya kita para pemeluk islam, itu adalah
hari-hari makan dan minum. (HR. At Tirmidzi No. 773, katanya: hasan
shahih, Ad Darimi No. 1764, Syaikh Husein Salim Asad mengatakan:
isnaduhu shahih. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1586, katanya:
“Shahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim, tetapi mereka tidak meriwayatkannya.”
)
Dari Nubaisyah Al Hudzalli, katanya:
bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ
وَشُرْبٍ
Hari-hari tasyriq adalah hari-hari
makan dan minum. (HR. Muslim No. 1141) ), dan dalam riwayat Abu Al Malih
ada tambahan: “dan hari berdzikir kepada Allah.” (HR. Muslim
No. 1141)
Maka jika dipadukan semua hadits ini
kita simpulkan, hari berdzikir
(bertakbir) sudah dimulai sejak hari ‘Arafah hingga hari tasyriq. Dan, yang dilakukan para sahabat adalah sejak
subuh hari ‘Arafah hingga ashar 13 Dzulhijjah.
Pada hari-hari tersebut
(9,10,11,12,13 Dzulhijjah) kita bisa melakukan takbir kapan pun, sejak subuh
tanggal 9 hingga ashar tanggal 13. Kita bisa melakukannya di masjid, setelah
shalat wajib, di pasar, di rumah, dan di mana pun tempat yang layak untuk
berdzikir.
Khadimus Sunnah, Asy Syaikh Sayyid
Sabiq Rahimahullah rahmatan waasi’ah berkata:
والتكبير في أيام
التشريق لا يختص استحبابه بوقت دون وقت، بل هو مستحب في كل وقت من تلك الايام.
قال البخاري: وكان
عمر رضي الله عنه يكبر في قبته بمنى فيسمعه أهل المسجد فيكبرون ويكبر أهل السوق
حتى يرتج منى تكبيرا. وكان ابن عمر يكبر بمنى تلك الايام وخلف الصلوات وعلى فراشه وفي
فسطاطه ومجلسه وممشاه تلك الايام جميعا، وكانت ميمونة تكبر يوم النحر، وكان النساء يكبرن خلف أبان بن عثمان وعمر بن عبد العزيز
ليالي التشريق مع الرجال في المسجد
Bertakbir pada hari-hari tasyriq
tidak dikhususkan kesunahannya itu pada satu waktu tidak pada waktu lainnya,
tetapi disunahkan pada tiap kesempatan di hari-hari itu. Imam Al Bukhari
berkata: “Umar Radhiallahu ‘Anhu bertakbir di Kubah di kota Mina, hal
itu didengar oleh orang di masjid maka mereka ikut bertakbir, dan bertakbir
pula orang yang ada di pasar, sehingga kota Mina riuh dengan takbir. Ibnu Umar
bertakbir di Mina pada hari-hari itu, baik setelah shalat, di atas tempat
tidur, ketika duduk, atau ketika berjalan, pada hari itu semuanya. Maimunah
bertakbir pada hari nahr (10 Dzulhijah), kaum wanita bertakbir bersama
kaum laki-laki di masjid pada malam-malam tasyriq, di belakang Abban bin Utsman
dan Umar bin Abdul Aziz. (Fiqhus Sunnah, 1/326)
Namun, sebagian ulama ada yang merinci waktunya dan tata caranya. Al
Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah menceritakan sedikit perbedaan
waktu-waktu takbir tersebut, sebagai berikut:
وَقَدْ اِشْتَمَلَتْ هَذِهِ الْآثَارُ
عَلَى وُجُودِ التَّكْبِيرِ فِي تِلْكَ الْأَيَّامِ عَقِبَ الصَّلَوَاتِ وَغَيْرِ
ذَلِكَ مِنْ الْأَحْوَالِ . وَفِيهِ اِخْتِلَافٌ بَيْنَ الْعُلَمَاءِ فِي
مَوَاضِعَ : فَمِنْهُمْ مَنْ قَصَرَ التَّكْبِيرَ عَلَى أَعْقَابِ الصَّلَوَاتِ ،
وَمِنْهُمْ مَنْ خَصَّ ذَلِكَ بِالْمَكْتُوبَاتِ دُونَ النَّوَافِلِ ، وَمِنْهُمْ
مَنْ خَصَّهُ بِالرِّجَالِ دُونَ النِّسَاءِ ، وَبِالْجَمَاعَةِ دُونَ
الْمُنْفَرِدِ ، وَبِالْمُؤَدَّاةِ دُونَ الْمَقْضِيَّةِ ، وَبِالْمُقِيمِ دُونَ
الْمُسَافِرِ ، وَبِسَاكِنِ الْمِصْرِ دُونَ الْقَرْيَةِ . وَظَاهِرُ اِخْتِيَارِ
الْبُخَارِيِّ شُمُولُ ذَلِكَ لِلْجَمِيعِ ، وَالْآثَارُ الَّتِي ذَكَرَهَا
تُسَاعِدُهُ
Semua atsar ini memuat bahwa adanya
takbir itu adalah dilakukan pada hari-hari
itu, setelah shalat, dan dilakukan pula pada berbagai keadaan lain. Para
ulama berbeda pendapat dalam berbagai hal: diantara mereka ada yang mempersempit
bahwa takbir itu hanya setelah shalat, ada pula yang mengkhususkan lagi hanya
pada shalat wajib bukan sunah, ada yang mengkhsuskan itu hanya buat laki-laki
bukan wanita, pada shalat berjamaah bukan shalat sendiri, pada shalat yang
dilakukan pada waktunya bukan shalat qadha, bagi orang yang mukim bukan
musafir, dan pada kota-kota besar bukan pedesaan. Pendapat yang benar, yang
dipilih oleh Imam Al Bukhari adalah bertakbir bisa dilakukan pada semua waktu
dan keadaan tersebut, dan atsar-atsar yang telah disebutkan mendukung
pendapatnya itu. (Fathul Bari, 2/462)
Apa yang dipilih oleh Imam Al
Bukhari nampaknya lebih baik, karena tidak ada petunjuk yang
mengkhususkannya, apalagi petunjuk dari para sahabat menunjukkan bahwa
bertakbir bisa dilakukan kapan saja, pada hari-hari tersebut. Wallahu A’lam
Dianjurkan dikeraskan
Dalam hal ini, tidak ada beda pendapat para
fuqaha, bahwa sunahnya mengeraskan takbir Idul Adha. Berbeda dengan Idul fitri
yang masih terjadi perselisihan.
Tertulis dalam Al Mausu’ah:
لاَ خِلاَفَ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ فِي
جَوَازِ التَّكْبِيرِ جَهْرًا فِي طَرِيقِ الْمُصَلَّى فِي عِيدِ الأْضْحَى
Tidak ada perbedaan pendapat di
antara fuqaha tentang kebolehan bertakbir dengan dikeraskan di jalan menuju
lapangan saat Idul Adha. (Al Mausu’ah, 13/213)
Tentang bentuk kalimat takbirnya,
sama dengan takbir pada Idul Fitri.
Selesai. Wallahu A’lam
[1] Imam Al Hakim berkata: “Kalau bukan
karena kemajhulan Ishaq bin Barzakh, akan hukumi ini sebagai hadits shahih.” Ucapan
Beliau mengindikasikan kedhaifan hadits ini yakni karena majhul (tidak
dikenal)-nya Ishaq bin Barzakh.
Tetapi, Imam Ash
Shan’ani Rahimahullah mengomentari:
قلت
:
ليس بمجهول فقد ضعفه الأزدي ووثقه ابن حبان. ذكره في التلخيص.
Aku berkata: dia
bukan orang yang majhul, Al Azdi telah mendhaifkannya, dan Ibnu Hibban
telah men-tsiqah-kannya. Sebagaimana disebut dalam At Talkhish. (Subulus
Salam, 2/72. Lihat juga Imam Ibnul Mulqin, Al Badrul Munir, 5/46)
Selain Ishaq bin
Barzakh, ada rawi lain yang dipermasalahkan dalam hadits ini yakni Abdullah
bin Shalih, yang didhaifkan oleh mayoritas muhadditsin.
Berkata Imam Al
Haitsami:
رواه الطبراني في
الكبير وفيه عبد الله بن صالح قال عبد الملك بن شعيب بن الليث : ثقة مأمون . وضعفه
أحمد وجماعة
Diriwayatkan oleh
Ath Thabarani dalam kitab Al Kabir, di dalamnya terdapat Abdullah bin
Shalih. Berkata Abdul Malik bin Syu’aib bin Al Laits: “terpercaya dan
amanah.” Tetapi Ahmad dan jamaah ahli hadits mendhaifkannya. (Majma’ Az Zawaid, 4/16. Darul Fikr)
أخبرنا إبراهيم بن
محمد أخبرني جعفر بن محمد عن أبيه عن جده : أن النبي صلى الله عليه و سلم كان يلبس
برد حبرة في كل عيد
Mengabarkan kepada kami
Ibrahim bin Muhammad, mengabarkan kepada kami Ja’far bin Muhammad, dari
ayahnya, dari kakeknya: bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memakai
pakaian dari Yaman setiap hari raya. (HR. Musnad Syafi’i No. 320, Al Baihaqi
dalam As Sunan Al Kubra No. 5932)
Riwayat ini didhaifkan
para ulama, karena dua sebab:
Pertama, Ibrahim bin Muhammad,
dia adalah Ibnu Muhammad bin Yahya Al Madini, seorang yang matruk
(ditinggalkan haditsnya) dan muttaham bil kidzb (tertuduh berdusta).
Imam Al Bukhari
mengatakan: “Abdullah bin Al Mubarak dan manusia meninggalkan haditsnya.”
(Adh Dhuafa Ash Shaghir, Hal. 17)
Imam Ibnul Jauzi
menyebutkan bahwa Imam Yahya bin Ma’in dan Imam Yahya bin Sa’id mengatakan: “Kadzdzaab
– pendusta.” (Adh Dhuafa wal Matrukin, 1/51)
Kedua, Ja’far bin Muhammad, dia
adalah Ibnu Muhammad bin Ali bin Al Husein bin Ali bin Abi
Thalib. Berarti kakek beliau –yaitu Ali
bin Al Husein- adalah cucunya Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu,
alias anak dari Al Husein Radhiallahu ‘Anhu. Maka mana mungkin cucunya
Ali mendapatkan hadits ini dari nabi? Maka hadits ini mursal – gugur
sanadnya pada generasi sahabat- sebagaimana disebutkan para ulama hadits. (Al
Hafizh Ibnu Hajar, At Talkhish Al Habir, 2/193. Syaikh Al Albani, Tamamul
Minnah, Hal. 345, dan As Silsilah Ash Shahihah, 5/471)
Tetapi, hadits ini
memiliki syahid (penguat) dari Ibnu ‘Abbas secara marfu’:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُ يَوْمَ الْعِيدِ بُرْدَةً حَمْرَاءَ
Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
pada hari ‘Id memakai pakaian Yaman berwarna merah. (HR. Ath Thabarani dalam
Al Awsath No. 7609. Imam Al Haitsami mengatakan: “rijaaluhu tsiqaat
- para perawinya terpercaya.” Lihat Majma’ Az Zawaid, 2/198)
[3] Para ulama berbeda pendapat tentang hadits ini. Imam Al
Hakim mengatakan: “Hadits ini shahih, tetapi keduanya (Bukhari dan Muslim)
tidak meriwayatkannya. Dan, Abu Yahya At taimi adalah shaduuq
(jujur), yang dikritik adalah Yahya bin Ubaidillah, anaknya.” Imam Adz Dzahabi
menyepakatinya dalam At Talkhish, katanya: “Sesuai syarat keduanya
(Bukhari dan Muslim).” (Al Mustadrak ‘Alash Shahihain, No. 1094)
Imam An Nawawi mengatakan:
“Diriwayatkan oleh Abu Daud dengan isnad yang hasan.” (Khulashah
Al Ahkam, 2/825)
Tetapi kebanyakan ulama
mendhaifkan hadits ini.
-
Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: “Isnaduhu
dhaif – isnadnya dhaif.” (At Talkhish Al Habir, 2/195), Beliau
juga mengatakan dalam kitabnya yang lain: “Layyin-lemah.” (Bulughul
Maram, Hal. 179. Mawqi’ Misykah)
-
Imam Yahya bin Al Qaththan
mengatakan: “hadits ini dhaif.” (Imam Ibnu Mulqin, Al Badru Al
Munir, 5/65)
-
Imam Adz Dzahabi mengatakan: “hadits
ini munkar.” (Mizanul I’tidal, 3/315)
-
Imam Ash Shan’ani mengatakan:
“Diriwayatkan oleh Abu Daud dengan isnad yang layyin, karena adanya
seorang majhul (tidak dikenal keadaannya), dan diriwayatkan pula oleh Ibnu
Majah dan Al Hakim dengan isnad yang dhaif.” (Subulus Salam,
2/71)
-
Imam Al ‘Aini mengatakan: “Tidak ada
yang tsabit (kokoh) dalam masalah ini.” (Syarh Abi Daud,
4/490)
-
Syaikh Abdul Muhsin Al ‘Abbad Al
Badr mengatakan: “Hadits ini dhaif, ghairu tsaabit – tidak kuat.”
(Syarh Sunan Abi Daud, 6/473)
-
Syaikh Al Albani mengatakan: “isnaduhu
dhaif – isnadnya lemah.”
Beliau mengoreksi Imam Al Hakim dengan mengatakan:
وقال
الحاكم:" صحيح الإسناد، وأبو يحيى التيمي صدوق "! كذا قال!
ووقع في "تلخيص المستدرك
":" على شرطهما ". وأظنه خطأً من الطابع أو الناسخ؛ فإنه خطأ محض.وأما
تصحيح الحاكم فمن تساهله الذي اشتهر به.
Berkata Al Hakim: “Shahihul
isnad, Abu Yahya At Taimi adalah shaduuq (jujur).” Begitulah
katanya! Dan tercatat dalam At Talkhish Al Mustadrak: “Sesuai syarat
keduanya (Bukhari-Muslim).” Aku kira ini adalah kesalahan dari percetakan atau
naskah, dan ini adalah kesalahan murni. Ada pun penshahihan Al Hakim adalah
bagian dari sikap tasahul (menggampangkan) dari Beliau yang memang sudah
terkenal begitu. (Dhaif Abi Daud, 2/18)
Ada beberapa faktor hadits
ini dinilai lemah oleh umumnya para ulama.
Pertama, di dalam sanadnya
terdapat ‘Isa bin Abdul A’la bin Abu Farwah, yang oleh para
muhadditsin disebut sebagai majhuul (tidak diketahui identitas dan
keadaannya). Imam Adz Dzahabi mengatakan: “Tidak dikenal.” Ibnul Qaththan
mengatakan: “Aku tidak ketahui ‘Isa ini tercatat dalam kitab-kitab rijaal
sedikit pun, dan tidak pula pada selain isnad ini.” (Mizanul I’tidal, 3/315), Imam
Ibnu Hajar mengatakan: ”majhuul.” (Taqribut Tahdzib No. 5305),
Imam Abu Thayyib Syamsul Azhim Abadi mengatakan: “rajulun majhuul
–laki-laki yang tidak dikenal.” (‘Aunul Ma’bud, 4/18), Syaikh
Abdul Muhsin Al ‘Abbad mengatakan: “majhuul.” (Syarh Sunan Abi
Daud, 6/474), Imam Ibnu Mulqin mengatakan: “tidak dikenal.” (Al
Badrul Munir, 5/65)
Kedua, tentang Abu Yahya At Taimi, yang
oleh Imam Al Hakim disebut shaduuq.
Kebanyakan ulama men-jarh
(kritik) orang ini. Imam Ahmad
mengatakan: “Hadits-haditsnya munkar, dia tidak dikenal, begitu pula ayahnya.”
Beliau juga didhaifkan oleh An Nasa’i, Ad Daruquthni, Ibnu Hibban, dan Yahya. (Al Badrul
Munir, 5/65, Tahdzibul Kamal, 19/80)
Syaikh Abdul Muhsin Al
‘Abbad mengatakan: “maqbuul –bisa diterima. Dipakai oleh Al Bukhari
dalam Adabul Mufrad, Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, dan Ibnu Majah.” (Syarh
Sunan Abi Daud, 6/474) namun, tidak dijelaskan alasan maqbul-nya.
Oleh karena itu, kritikan untuk Abu Yahya At Taimi lebih didahulukan karena
dijelaskan secara terperinci sebagaimana perkataan Imam Ahmad. Hal ini sesuai
kaidah: “Al Jarh Al Mufassar muqaddamun ‘alat Ta’dilil ‘Aam – kritikan
yang terperinci lebih diutamakan dibanding pujian yang masih umum.”
Ketiga, dalam sanadnya
terdapat Al Walid bin Muslim, seorang imam yang terpercaya dan
banyak ilmunya, dan imam negeri Syam pada zamannya. Tetapi Abu Mashar berkata:
“Dia adalah seorang mudallis (suka menggelapkan sanad dan matan),
dan barangkali dia men-tadlis dari para pendusta.” (Mizanul
I’tidal, 4/347), bahkan Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan: “mau’ruf
maushuf bit tadlis asy syadid – dikenal disifati sebagai orang yang berat tadlis-nya.”
(Thabaqat Al Mudallisin, Hal. 51)
Oleh karenanya,
kecenderungan yang lebih kuat adalah hadits ini dhaif, sebagaimana
menurut mayoritas ulama. Wallahu A’lam.
[4] Imam Al Hakim berkata: “Shahih sesuai syarat
mereka berdua (Bukhari dan Muslim), tetapi keduanya tidak meriwayatkannya.”
Imam Adz Dzahabi menyepakatinya, katanya: sesuai syarat mereka berdua.” (Al
Mustadrak No. 1099) Syaikh
Syu’aib Al Arnauth mengatakan: “hasan lighairih.” (Ta’liq Musnad
Ahmad No. 8454)
[5] Imam Al Hakim berkata: “Hadits ini
shahih sesuai syarat Muslim.” Imam Adz Dzahabi berkata dalam At Talkhish:
“Shahih sesuai syarat Muslim.” (Al Mustadrak ‘Alash Shahihain No.
1091), Imam Ibnu Hajar mengatakan: “Isnadnya shahih.” (Bulughul
Maram, Hal. 179. Mawqi’ Misykah), Syaikh Husein Salim Asad mengatakan: “Shahih.” (Ta’liq Musnad Abu Ya’la
No. 3820), Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: “isnadnya shahih. Para perawinya
terpercaya dan merupakan perawi syaikhan (Bukhari dan Muslim). (Ta’liq
Musnad Ahmad No. 12006)
[6]
Imam Ash Shan’ani Rahimahullah
memberikan sebuah komentar:
وأما نظر عائشة إليهم وهم يلعبون وهي
أجنبية ففيه دلالة على جواز نظر المرأة إلى جملة الناس من دون تفصيل لأفرادهم كما
تنظرهم إذا خرجت للصلاة في المسجد
Adapun melihatnya ‘Aisyah
kepada mereka, disaat mereka sedang bermain-main, padahal dia adalah wanita ajnabiyah
(asing-bukan mahram), maka pada kasus ini ada petunjuk bolehnya wanita
melihat kepada manusia secara umum, bukan pada melihat secara rinci satu
persatu, sebagaimana melihatnya mereka ketika mereka keluar untuk shalat di
masjid. (Subulus Salam, 1/156)
[7] Dari
Sa’ad bin Malik, katanya bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
bersabda: “Sebaik-baiknya dzikir adalah yang tersembunyi (Al Kkhafiy).” (HR.
Ibnu Hibban dalam Shahihnya No. 809,
Ahmad No. 1477, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman No. 552, 10369, Alauddin Al
Muttaqi Al Hindi, Kanzul ‘Ummal No. 1771, Al Qudha’i dalam Musnad Asy
Syihab No. 1218, Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 29663)
Hadits ini dishahihkan
oleh Ibnu Hibban dan Abu ‘Uwanah. (Imam As Sakhawi, Al Maqashid Al
Hasanah, 1/333) Tetapi Imam An Nawawi mendhaifkannya, katanya: “Laisa
bitsaabit – bukan hadits yang kuat.” (At Tadzkirah fil Ahadits Al Musytahirah,
Hal. 202), dan didhaifkan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth. (Ta’liq
Musnad Ahmad No. 1477), juga oleh Syaikh Al Albani. (Shahihul
Jami’ No. 2887)
Pada sanad hadits ini ada
rawi bernama: Muhammad bin Abdurrahman bin Abi Labibah. Syaikh Syu’aib
Al Arnauth mengatakan tentang dia: “dhaif, dan belum berjumpa dengan Sa’ad
bin Malik.” (Ta’liq Musnad Ahmad No. 1477), dengan kata lain
kelemahan hadits ini karena dhaifnya Muhammad bin Abdurrahman bin Abi Labibah,
dan sanadnya munqathi’ (terputus), karena Beliau tidak pernah bertemu
dengan Sa’ad bin Malik.
Beliau
ditsiqah-kan oleh Ibnu Hibban, namun didhaifkan oleh Yahya bin Ma’in. (Imam
Al Haitsami, Majma’ Az Zawaid, 10/86)
0 komentar:
Posting Komentar